Essential Oil dan Carrier Oil: Kegunaan untuk Kulit dan Aromaterapi

Essential Oil dan Carrier Oil: Kegunaan untuk Kulit dan Aromaterapi      

Kalian pasti sudah familiar dengan apa itu Essential Oil dan Carrier Oil. Kegunaan minyak ini memang sudah lazim digunakan, baik untuk kegunaan aromatherapy dan kesehatan kulit. Tapi, apa sebenarnya perbedaan dasar dari dua jenis minyak ini? Simak penjelasan di bawah ini ya Beauties!

Apa itu Essential Oil dan Carrier Oil?

Essential Oil atau biasa dikenal dengan istilah minyak atsiri, merupakan minyak yang didapat dari hasil ekstraksi tumbuh-tumbuhan dengan cara steam atau distilasi. Oil yang diekstrak ini memiliki wangi yang sangat bervariatif dan digunakan untuk keperluan aromaterapi dengan sifat yang bermacam-macam, seperti menenangkan, uplifting, dan lainnya. Berbeda dengan Essential Oil, Carrier Oil atau biasa dikenal sebagai minyak nabati merupakan jenis minyak yang didapatkan dengan proses yang sama, namun tidak memiliki karakter berupa wangi yang kuat seperti essential oil. Untuk perawatan kulit sendiri, Carrier Oil berfungsi sebagai pelarut atas zat-zat lain yang dapat menyebabkan potensi iritasi pada kulit.

Penggunaan Essential Oil dan Carrier Oil (Penting untuk diketahui)

Sifat dasar dari Essential Oil dan Carrier Oil akan sangat berpengaruh dalam rutinitas kalian dalam melakukan perawatan kulit lho, Bhumi Beauties! Perbedaan penggunaannya ada di bawah ini:

  1. Essential Oil tidak dapat dipakai secara langsung pada kulit

Meskipun Essential Oil memiliki efek aromaterapi yang bervariatif, namun aplikasi langsung kepada kulit tidak disarankan. Hal ini karena Essential Oil bersifat lebih acidic, dan memungkinkan penggunanya untuk mengalami iritasi dan photosensitivity karena kandungan yang ada di dalam Essential Oil tersebut. Penggunaan Essential Oil ini disarankan untuk dilarutkan dengan base lainnya seperti krim, ataupun Carrier Oil.

  1. Carrier Oil dapat dipakai langsung pada kulit

Carrier Oil sebagai minyak nabati telah secara umum digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagai minyak nabati, Carrier Oil tidak memiliki efek yang sensitizing kepada penggunanya,  karena selain sifat minyak ini tidak memiliki wewangian yang khas dan kuat, kandungan yang terdapat pada Carrier Oil cenderung lebih bermanfaat dan berguna bagi kulit. Beberapa kandungan yang terdapat pada Carrier Oil pada umumnya adalah Oleic Acid untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit, Linoleic Acid untuk mengurangi minyak/sebum pada wajah, bahkan Retinoic Acid yang berfungsi sebagai Anti-Aging.

  1. Ratio Penggunaan Essential Oil dalam larutan

Essential Oil masih sering digunakan pada berbagai macam rangkaian skincare, karena Essential Oil juga memiliki banyak kandungan sepeti Anti Bakteri, mencerahkan dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat. Akan tetapi, perlu diketahui nih Beauties bahwa ratio aman penggunaan Essential Oil yang dilarutkan pada umumnya adalah tidak lebih dari 0.1% pada 30ml cairan atau tekstur lain dalam regimen skin care kalian. Dengan kadar tersebut, pengguna masih dapat merasakan manfaat Essential Oils yang sudah dilarutkan, and that is just amazing!

Nah, bagaimana menurut kalian tentang Essential Oil dan Carrier Oil? Bagi kalian yang ingin mencoba, yuk temukan pada produk-produk Bhumi. Face Oil Bhumi adalah salah satu produk yang memiliki blend Carrier Oil dan Essential Oil untuk merawat wajah kalian. Klik link untuk mengetahui lebih lanjut ya!