Menu

6 Langkah Mencegah dan Mengatasi Maskne di tengah Pandemi

Pandemi sudah terjadi 1 tahun dan masih belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat. Meski pandemi sudah terjadi satu tahun, permasalahan kulit wajah tetap tidak bisa dihindari. Maskne atau mask acne tetap dialami oleh sebagian orang. 

Masker merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan ketika pandemi. Namun, pemakaian masker wajah yang terlalu sering dan lama ternyata dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Jerawat maskne merupakan jerawat yang umum timbul di orang-orang yang didapatkan akibat terjadinya gesekan benda tertentu dengan wajah. 

Selain karena gesekan masker itu sendiri, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa menimbulkan maskne. Seperti penggunaan masker yang berulang kali atau masker yang dicuci dengan cara tidak benar. Hal ini bisa menimbulkan jerawat akibat tumbuhnya bakteri dan kuman pada masker. 

Munculnya jerawat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pencegahan maskne. Berikut tips mencegah dan mengatasi maskne yang bisa kamu lakukan :

1. Gunakan Masker yang bersih

Ketika menggunakan masker, pastikan masker yang dipakai adalah masker yang bersih. Jika memakai masker bedah, jangan gunakan masker berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker ketika sudah lembab. Sedangkan ketika menggunakan masker kain, cuci masker dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

2. Hindari makeup tebal

Meski menggunakan masker, kamu tetap bisa mengenakan make up. Namun, yang perlu diperhatikan adalah hindari make up yang terlalu tebal, terutama ketika sedang berjerawat. Makeup bisa menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat hingga semakin parah.

3. Selalu gunakan pelembap

Oleskan pelembab agar kulit wajah tetap terhidrasi dan tidak kusam. Gunakan pelembab dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Bila perlu, pilih produk pelembab yang menyejukkan sehingga dapat menenangkan kulit yang merah akibat tergesek masker. Ceramide Hydra Lock Moisturizer adalah pelembab ringan berbentuk gel yang bisa menghidrasi kulit kamu selama pemakaian. Selain itu, moisturizer ini juga mengandung ceramide yang bisa memperkuat skin barrier.

4. Gunakan sunscreen

Sunscreen adalah hal yang terlihat mudah namun sering terlewatkan oleh banyak orang. Jangan lupa  oleskan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas.

5. Bersihkan wajah setelah menggunakan masker

Tidak hanya masker saja yang harus selalu bersih, wajah pun harus bersih. Bersihkan wajah menggunakan face wash yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan tidak membuat wajahmu kering karena kehilangan minyak alaminya. C-chamomile Brightening Cleanser dan Calendula oil control cleanser merupakan pembersih wajah yang gentle karena diformulasikan dengan Hyaluronic Acid (HA) untuk mengatur penyerapan kelembaban sehingga dapat menjaga kulit terasa lembab lebih lama.

6. Konsisten dengan skincare routine

Penggunaan skincare yang rutin bisa mencegah serta mempercepat proses penanganan jerawat. Skincare routine rekomendasi Bhumi adalah Resurface Mild Exfoliating Toner untuk menghilangkan kulit mati serta membersihkan pori-pori yang tersumbat, Acid Complex Clearing Serum sebagai serum untuk mengatasi dan mengatasi tumbuhnya bakteri penyebab jerawat, dan Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil untuk mengunci kelembapan kulit wajah kamu dan menenangkan kulit wajah yang sedang breakout.

 

Artikel Terkait