Menu

Ini Dia 4 Bentuk Acne Scars yang Wajib Diketahui dan Cara Perawatannya

Bekas jerawat memang menjadi salah satu hal yang cukup menjengkelkan bagi sebagian orang terlebih susah-susah-gampang untuk mengatasinya, walaupun masih bisa ditutupi oleh makeup, namun sebenarnya bekas jerawat juga sama mengganggunya dengan jerawat itu sendiri. Terutama untuk bekas jerawat berbentuk scars atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Acne Scars”

Acne scars merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan pada jerawat sehingga membuat kerusakan pada lapisan dermis kulit akibatnya kulit menjadi berlubang atau tampak seperti ada cekungan dan bopeng.

Acne scars itu sendiri banyak jenis nya untuk merawat atau menyembuhkan kondisi ini tentunya dibutuhkan kombinasi antara treatment rutin dan juga pemakaian skincare yang benar karena beda jenis nya berbeda pula perawatannya. Dengan mengetahui jenis acne scars sesuai keadaan kulit dapat membantu kita dalam menyesuaikan perawatan kulit yang spesifik sesuai kebutuhan. Lalu apa aja sih perbedaan dan jenis acne scars yuk simak ulasannya lengkapnya di bawah ini ya :

1. Ice pick acne scars

Ice Pick Scar adalah bekas jerawat yang mirip seperti bentuk es batu yang ditusuk-tusuk oleh pisau pemecah es. Ice Pick Scar terbentuk karena hasil Cystic Acne, sebuah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Ice pick scars memiliki diameter berkisar 1-2mm bahkan hingga menembus ke lapisan dermis kulit yang membuat tekstur kulit menjadi kasar dan tidak nyaman.

2. Rolling acne scars

Rolling acnes scar adalah bekas jerawat atau scar yang bentuk atau teksturnya naik turun dan tidak beraturan dan memiliki kedalaman yang cukup dangkal dengan ukuran dan diameter yang cukup besar dan bisa mencapai 4-5mm.

3. Boxed acne scars

Boxed acne scars adalah bekas jerawat atau scars yang disebabkan oleh kerusakan kolagen akibat jerawat yang meradang dan timbul karena jerawat yang dulunya meradang atau habis terkena cacar air. Boxed scar memiliki bentuk yang cenderung lebar dan cukup dalam berdiameter sekitar 3mm dan berbentuk kotak atau persegi dan biasanya terdapat di area dahi dan pipi.

4. Hypertrophic acne scars

Hypertrophic acne scars disebabkan oleh adanya penumpukan sel secara berlebih didalam tubuh dan kelebihan protein (kolagen) pada kulit. Hypertrophic scars memiliki bentuk yang menonjol ke luar permukaan kulit seperti bekas luka dan mengkilap dan sering juga disebut sebagai keloid.

Selain dapat melakukan perawatan atau treatment ke klinik kecantikan acne scars juga dapat diatasi dengan penggunaan skincare yang mengandung Vitamin C, Salicylic Acid, AHA, Niacinamide dan Retinol seperti :

Artikel Terkait