Menu

Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Bekas Jerawat dan Cara Penanganannya Yang Tepat

Selain jerawat permasalahan kulit wajah yang sering mengganggu tentang jerawat adalah bekasnya, banyak yang berhasil menyembuhkan dan menghilangkan jerawat namun perlu waktu yang lama untuk menghilangkan bekasnya.

Penting diketahui pada dasarnya bekas jerawat itu juga banyak jenisnya jadi jika sudah menggunakan berbagai macam perawatan kulit atau skincare namun bekas jerawat tidak hilang bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kesalahan pada cara penanganannya, karena beda jenis jerawat berbeda pula cara penanganannya. Agar tidak bingung dan salah lagi dalam mengatasinya yuk simak dan cari tau apa saja jenis dan perbedaan bekas jerawat serta cara penanganannya yang tepat !

1. Post Inflammatory Erythema (PIE)

PIE adalah kondisi dimana bekas jerawat berwarna merah keunguan karena membesarnya pembuluh darah (inflamasi). Penyebab munculnya PIE biasanya dikarenakan jerawat yang meradang kemudian pembuluh darah di dekat kulit melebar hal tersebut terjadi karena kemungkinan besar disebabkan oleh jerawat yang dipencet atau bisa juga karena kandungan skincare yang terlalu keras.

Jenis bekas jerawat PIE ini terbilang lebih sering ditemukan pada pemilik kulit terang. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada pemilik kulit gelap. Bekas jerawat PIE  tetap bisa dihilangkan dengan menggunakan produk yang melembabkan dan menenangkan seperti Soothing-Moisturizing, bisa juga dengan kandungan Green Tea, Aloe Vera, Niacinamide, Ceramide dan Centella Asiatica seperti :

2. Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

PIH merupakan bekas jerawat yang berwarna coklat kehitaman yang diakibatkan oleh produksi melanin berlebih. Penyebab munculnya PIH biasanya dikarenakan produksi melanin berlebih ini sendiri karena adanya inflamasi yang terjadi. Ketika kulit wajah mengalami inflamasi, kulit akan stress sehingga reaksi yang ditimbulkan berupa produksi melanin yang meningkat. Produksi melanin meningkat inilah yang menimbulkan noda hitam

Jenis bekas jerawat PIH cenderung lebih banyak ditemukan pada pemilik kulit terang namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada pemilik kulit gelap. Bekas jerawat PIH tetap bisa dihilangkan dengan menggunakan produk yang mengandung pencerah seperti Niacinamide, alpha arbutin dan juga produk-produk physical maupun chemical exfoliation seperti AHA dan BHA seperti :

Jadi sudah tau kan sekarang perbedaan antara bekas jerawat PIH dan PIH? Selama ini sudahkan kalian melakukan perawatan yang tepat terhadap jenis bekas jerawat kalian belum nih?

Artikel Terkait