Menu

Kesalahan yang Harus dihindari dalam Penggunaan Skincare Agar Hasil Maksimal

Memulai penggunaan skincare routine sebagai langkah dalam melakukan perawatan terhadap kulit wajah memang gampang-gampang susah untuk dilakukan terlebih banyak akan hal-hal yang baru yang harus disesuaikan dengan keadaan atau kondisi kulit wajah.

Selain pemilihan bahan atau ingredients active pada skincare harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah tentunya cara atau pengaplikasian skincare juga berperan penting loh agar skincare yang digunakan dapat menghasilkan efek secara maksimal. Apabila pengaplikasian skincare yang digunakan sudah benar dan sesuai maka kulit akan lebih menunjukkan perubahannya secara signifikan. Namun sebaliknya jika penggunaan skincare diaplikasikan dengan cara yang salah, maka skincare yang dipakai akan jadi sia-sia

Selain mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, ternyata ada beberapa kesalahan-kesalahan yang sebaiknya dihindari agar hasil skincare yang digunakan dapat menghasilkan efek secara maksimal. Apa saja itu? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini!

1. Melewatkan Double Cleansing

Membiarkan wajah tidak mendapatkan double cleansing justru akan akan membahayakan keadaan kulit wajah. Double cleansing merupakan langkah membersihkan wajah dari makeup, debu, dan polusi yang menempel setelah seharian penuh beraktivitas.

Double cleaning sangat ini membantu mengangkat seluruh residu yang ada di muka, sebelum penggunaan skincare rutin selanjutnya. Untuk double cleansing, kamu bisa mengaplikasikan terlebih dahulu oil-based cleanser kemudian kemudian water-based Kamu bisa menggunakan 

Salah satu cleanser yang direkomendasikan untuk remaja yaitu Calendula Oil Control Cleanser & C-Chamomile Brightening Cleanser, rangkaian cleanser dari Bhumi ini mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori tanpa membuat kulit kering

2. Tidak Melakukan Eksfoliasi atau Justru Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi adalah perawatan skincare rutin yang untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit wajah setelah pemakaian makeup dan aktivitas di luar ruangan. Jika melakukan exfoliasi secara rutin kamu dapat bisa memberikan hasil kulit wajah yang bersih dan bebas kusam. Namun sebaliknya, kalau kamu tidak eksfoliasi sama sekali, atau berlebihan dalam eksfoliasi, maka hasil berbeda akan terjadi. Kulit wajah akan kusam akibat penumpukan sel kulit mati dan kalau kamu kelebihan eksfoliasi, maka lapisan pelindung kulit jadi ikut terangkat. Ini menyebabkan sinar matahari, polusi, dan racun akan masuk ke wajah.

Dalam memilih produk eksfoliasi diusahakan untuk harus mengetahui produk yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit wajah kamu. Dengan menggunakan produk yang bertekstur ringan dan tidak membuat kulit terkelupas contohnya dengan Resurface Mild Exfoliating Toner dan juga Deep Hydration Exfoliating Toner.

Kandungannya Resurface Mild Exfoliating Toner yang terdiri dari Hyaluronic Acid (1%), BHA (Salicylic Acid 2%), Rosehip Oil dan Ceramide diformulasikan khusus untuk dapat digunakan setiap hari karena formulasinya yang ringan dan cocok digunakan untuk kulit yang berminyak cenderung berjerawat Selain untuk mengeksfoliasi Resurface Mild exfoliating toner juga dapat membersihkan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

3. Tidak menggunakan moisturizer untuk kulit wajah berminyak

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa penggunaan moisturizer cenderung dihindari  oleh pemilik tipe kulit wajah berminyak karena dianggap dapat membuat kulit semakin berminyak tetapi nyatanya itu semua salah besar loh! Kelembaban yang ada  pada tipe kulit wajah berminyak itu bukan berasal dari kadar air yang ada pada kulit tetapi melainkan berasal dari melimpahnya kandungan minyak atau sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebasea)

Penggunaan moisturizer ini sangat penting karena dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan juga mengurangi kadar minyak yang ada loh sehingga resiko timbulnya komedo dan jerawat berkurang! Untuk kalian yang memiliki tipe kulit wajah berminyak disarankan agar menggunakan produk moisturizer berbentuk gel atau lotion ya! Moisturizer tipe ini biasanya cenderung ringan, mudah diserap kulit, dan tidak terasa lengket ataupun berminyak karena memiliki kandungan air yang relatif tinggi

Salah satu produk moisturizer yang bisa kalian coba yaitu ada 'Ceramic Hydra Lock Moisturizer' dari Bhumi. Memiliki tekstur gel yang mudah menyerap dengan kandungan Linoleic Acid yang tinggi yang berfungsi untuk memberikan kelembaban alami yang tahan lama, memberikan perlindungan dan memperkuat skin barrier serta mencerahkan pada kulit wajah

4. Pakai Sunscreen Hanya Ketika Berada di Luar Ruangan

Kesalahan pakai skincare yang kerap terjadi saat menggunakan sunscreen adalah kamu hanya menggunakan produk ini saat akan beraktivitas di luar ruangan, seperti ke pantai atau liburan. Padahal, bekerja di dalam ruangan selama delapan jam penuh memiliki risiko dan efek paparan sinar matahari yang sama dengan ketika kamu beraktivitas di luar ruangan. Tidak menggunakan sunscreen saat berada di dalam ruangan memberikan kesempatan sinar matahari untuk masuk ke pori-pori wajah dan merusak kesehatannya. Ini karena paparan sinar matahari mampu menembus dinding dan kaca sehingga bisa tetap mempengaruhi kesehatan kulit. Meski kamu di dalam ruangan, pastikan selalu pakai sunscreen ya!
 

Artikel Terkait