Menu

Manfaat Eksfoliasi Wajah dan Cara Tepat Melakukannya

Melakukan berbagai perawatan dengan menggunakan rangkaian skincare pastinya bertujuan agar kulit wajah tetap terjaga dan wajah tampak cerah. Namun jika sudah melakukan hal  tersebut wajah tetap terlihat kusam dan memiliki pori-pori yang besar bisa jadi salah satu tanda wajah kamu kurang di eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah namun jika hal tersebut jarang dilakukan akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang bisa membuat wajah kamu terlihat kusam dan juga menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Pada dasarnya kulit akan melakukan regenerasi sel kulit secara alami setiap 28-30 hari. Akan tetapi, semakin bertambahnya usia, proses ini akan melambat sehingga waktu pengangkatan sel-sel kulit mati akan lebih lama. Nah, agar kulit mati tidak menumpuk yang bisa membuat kulit kusam dan memicu tumbuhnya jerawat, maka diperlukan eksfoliasi tambahan.

Selain berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, ternyata masih ada banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan. Apa saja itu? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini!

1 . Mencegah Munculnya Jerawat
Masalah jerawat dan komedo kerap disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kulit mati, kotoran, dan debu. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin akan membuat Jerawat lebih cepat hilang dan tidak tumbuh lagi karena wajah juga jauh lebih bersih, produksi minyak berkurang, serta tentunya pori-pori kulit wajah tidak akan tersumbat lagi.

2. Meratakan Warna Kulit
Sel-sel kulit mati dapat membuat wajah tampak kusam dan kering. Itulah sebabnya kamu membutuhkan proses eksfoliasi untuk mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. Tak hanya mencerahkan, proses ini juga diyakini mampu membuat wajah lebih lembut dan menyamarkan tekstur wajah apabila digunakan secara teratur.

3. Membantu Proses Regenerasi Sel
Dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit sehingga wajah akan terlihat lebih sehat dan cerah.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen
Rutin melakukan eksfoliasi dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen secara optimal. Produksi kolagen yang optimal berfungsi untuk meningkatkan elastisitas wajah yang membuat kulit wajah tampak lebih kencang dan kenyal, serta meminimalkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah

5. Melawan Tanda Penuaan
Semakin bertambahnya usia, regenerasi sel secara alami pada kulit semakin melambat. Hal tersebut menyebabkan sel kulit mati menumpuk, dan kulit wajah akan cepat kering, keriput, dan timbul garis-garis halus. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara teratur dapat memperlambat, bahkan mencegah tanda-tanda penuaan itu.

6. Membantu Efektivitas Skincare
Penumpukan sel-sel kulit mati di kulit wajah akan membuat produk skincare yang gunakan tidak terserap secara maksimal. Hal itu membuat kulit wajah kamu tidak mengalami perubahan yang signifikan walaupun rutin menggunakannya. Itulah sebabnya sangat penting melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara Tepat Melakukan Eksfoliasi Wajah

Dalam memilih produk eksfoliasi diusahakan untuk harus mengetahui produk yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit wajah kamu. Dengan menggunakan produk yang bertekstur ringan dan tidak membuat kulit terkelupas contohnya dengan Resurface Mild Exfoliating Toner dan juga Deep Hydration Exfoliating Toner

Kandungannya Resurface Mild Exfoliating Toner yang terdiri dari Hyaluronic Acid (1%), BHA (Salicylic Acid 2%), Rosehip Oil dan Ceramide diformulasikan khusus untuk dapat digunakan setiap hari karena formulasinya yang ringan dan cocok digunakan untuk kulit yang berminyak cenderung berjerawat Selain untuk mengeksfoliasi Resurface Mild exfoliating toner juga dapat membersihkan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat

Selain itu untuk kulit kering cenderung sensitif dapat menggunakan Deep Hydration Exfoliating Toner karena kandungan asamnya yang ringan dan memang diformulasikan khusus untuk penggunaan setiap hari sehingga tidak akan menyebabkan over-exfoliating. Selain berfungsi sebagai daily exfoliator, Deep Hydration Exfoliating Toner juga berfungsi sebagai Hydrating Toner agar kulit wajah kamu tetap lembab dan tidak kering

Itu dia beberapa manfaat eksfoliasi dan cara melakukan eksfoliasi secara tepat. Jadi Sudahkah menambahkan proses eksfoliasi dalam tahapan skincare routine kamu?

 

Artikel Terkait