Menu

Mengenal Ceramide dan Manfaatnya Untuk Perlindungan Kulit

Berbicara ceramide, bagi orang yang sudah memulai skincare sejak lama mungkin sudah tahu pentingnya ceramide pada kulit. Ceramide sendiri adalah lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Sebagian besar komposisi kulit manusia adalah ceramide, yaitu sekitar 50%. Itulah mengapa ceramide mengambil peranan penting pada kulit, bersama komponen kulit lainnya, kolesterol dan free fatty acids, ceramide mengikat sel-sel kulit mati menjadi satu kemudian membentuk lapisan pelindung sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya, kenyal, serta kulit aman dari bakteri dan ancaman-ancaman penyebab masalah kulit yang akan muncul. 

Secara alami, kulit manusia memang menghasilkan ceramide alami. Namun seiring bertambahnya usia, seringnya wajah terkena paparan sinar matahari dan seringnya menggunakan skincare yang memiliki bahan aktif, maka kandungan ceramide pada wajah pun akan semakin berkurang. Apabila kondisi ini terus dibiarkan tanpa ada perawatan, skin barrier kulit perlahan akan rusak sehingga tidak mampu lagi melindungi kulit dari ancaman-ancaman masalah kulit yang akan datang. 

Penggunaan produk yang mengandung ceramide dapat membantu  dapat meminimalisir efek buruk berkurangnya ceramide dalam kulit. Dengan demikian, kadar ceramide pada kulit akan cukup sehingga membuatnya tetap lembap dan terhidrasi. 

Tidak hanya itu, beberapa kondisi kulit tertentu seperti eczema dan psoriasis biasanya memiliki kadar ceramide yang lebih sedikit daripada kulit normal. Sehingga perlu perawatan yang akan membantu memenuhi kandungan ceramide pada kulit dengan menggunakan produk yang mengandung ceramide sehingga mampu mengurangi gejala yang akan timbul seperti kulit kering, gatal, kemerahan dan iritasi.

Bhumi Ceramide Hydralock Moisturizer dengan tekstur gel memiliki finishing matte, mengandung Linoleic Acid yang tinggi, yang berfungsi untuk memberikan kelembapan alami pada kulit dengan tahan lama. Ceramide 0,2%  mampu melindungi kulit dari dehidrasi, serangan radikal bebas dan permasalahan gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada kulit (anti-breakout). Tidak hanya itu, Ceramide Hydralock Moisturizer menggunakan molekul terkecil dari Hyaluronic Acid (1%) untuk menarik air dan mengikat kelembapan di dalam kulit.

Artikel Terkait