Menu

Sering Bikin Bingung! Ini Dia Ini 3 Jenis Noda Hitam Wajah Yang Harus Kamu Ketahui dan Cara Perawata

Memiliki wajah sehat cerah bersinar pastinya adalah impian besar para wanita namun nyatanya untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah seiring bertambahnya usia dan perubahan kondisi lingkungan akan selalu ada permasalahan kulit wajah yang terjadi dan muncul  sehingga keberadaannya sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri.

Meminimalisir hal tersebut salah satu langkah yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan perawatan kulit atau skincare sejak dini. Selain jerawat dan bekasnya salah satu permasalahan kulit wajah yang sering muncul seiring bertambahnya usia adalah noda hitam. Meskipun sekilas terlihat sama nyatanya noda hitam pada wajah itu memiliki banyak jenisnya yang harus diatasi dengan perawatan yang sesuai agar tidak salah langkah dalam mengatasinya.

Lalu apa saja jenis noda hitam yang terjadi pada wajah? Simak terus untuk pembahasan lebih lanjut ya!

1. Freckles

Freckles adalah kondisi kulit dimana mengalami penggelapan di area tertentu, penggelapan berupa  bintik coklat yang disebabkan oleh peningkatan jumlah pigmentasi atau disebut melanin. Menurut studi yang dilakukan oleh Iranian Journal of Medical Sciences bintik-bintik ini biasanya muncul di area kulit yang terpapar sinar matahari seperti pipi, hidung dan dahi.

Perawatan Freckles

Freckles yang menyerupai bintik-bintik coklat yang menghiasi wajah ini sempat booming beberapa waktu lalu, orang pun berlomba-lomba memamerkan freckles yang mereka miliki. Memang di sebagian orang munculnya freckles ini mempercantik wajah namun ada juga yang merasa terganggu.

Berikut ini rekomendasi perawatan untuk menghilangkan freckles wajah dan ditubuh yang bisa dilakukan, simak ya:

  • Menggunakan Sunscreen
  • Laser Treatment
  • Menggunakan Skincare dengan kandungan vitamin E untuk memberikan rasa lembab dan mengurangi rasa kasar 

2. Melasma

Melasma adalah masalah kulit yang umum terjadi ada wanita daripada pria, dengan rentang usia 20-40 tahun. Melasma ini termasuk permasalahan kulit yang muncul sebagai pigmentasi wajah atau dark spot yang berbentuk bercak, dan kecoklatan. Bercak berwarna kecoklatan biasanya muncul pada pipi, dahi, jembatan hidung, dagu, leher dan lengan bagian bawah. Noda melasma biasanya lebih besar dibandingkan freckles, dan kadang nodanya menyerupai peta dan melasma lebih sering terjadi pada orang yang sering berjemur atau memiliki kulit coklat alami. Melasma biasanya dipicu atau disebabkan oleh fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang berlangsung cukup lama sehingga memicu produksi melamin--zat protein yang menimbulkan noda gelap di kulit jika terpapar sinar UV.

Perawatan Melasma

Meskipun tidak semua kasus melasma akan sembuh dengan pengobatan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memastikan kondisinya tidak bertambah buruk.

Ada beberapa cara berikut untuk menghilangkan dan menyamarkan melasma pada kulit, antara lain :

  • Menggunakan Sunscreen
  • Laser Treatment
  • Menggunakan Skincare dengan kandungan Alpa Arbutin, Vitamin C dan NIacinamide seperti : C + Brightening Booster Serum, G-Alpine Brightening Serum, Ceramide & G-Alpine Hydra Lock Moisturizer, Skin Ready Hydrating Booster

3. Flek Hitam

Flek hitam ini adalah hiperpigmentasi yang penyebabnya biasanya bisa dari bekas jerawat, polusi, paparan sinar matahari dan radikal bebas dalam waktu yang panjang. Flek hitam ini umumnya memiliki ukuran yang lebih beragam dari freckles, dan tidak bergerombol seperti freckles

Flek hitam atau hiperpigmentasi pada kulit,  terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Perawatan Flek Hitam

Flek hitam pada kulit sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak memerlukan perawatan khusus namun hanya saja bagi beberapa orang itu tetap mengganggu jadi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyamarkan flek hitam :

  • Menggunakan Sunscreen
  • Laser Treatment
  • Mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi mineral seperti buah-buahan

Artikel Terkait