Menu

Tips Jaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih Selama Berolahraga

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung 1 tahun dan masih belum menunjukan tanda-tanda akan segera berakhir dengan cepat. Kita tetap harus selalu menjaga diri agar imun tubuh tetap terjaga dan terhindar dari paparan virus. 

Berolahraga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh dan olahraga outdoor menjadi tren yang banyak dipilih oleh banyak orang, seperti bersepeda, lari, trekking, dan masih banyak lagi.
Meski berolahraga memberikan efek yang baik untuk tubuh, kamu juga tidak boleh mengabaikan kesehatan kulit wajah. Apalagi jika kamu berolahraga di luar hingga berjam-jam di bawah paparan sinar matahari. Jika tidak dijaga dengan baik, akan menimbulkan banyak masalah pada kulit. Supaya kulit tetap sehat, ikuti beberapa tips ini ya!

1. Bersihkan wajah sebelum dan sesudah olahraga

Pastikan wajah kamu selalu dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah berolahraga. Aktivitas berolahraga akan menghasilkan minya dan keringat. Selain itu wajah pun akan terpapar dengan debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan akan memunculkan potensi tumbuhnya bakteri penyebab jerawat akibat pori-pori yang tersumbat.

2. Pastikan kebersihan masker

Memakai masker saat berolahraga di masa pandemi sudah menjadi kewajiban. Namun, berapa kali kamu mengganti masker? Perhatikan terus kebersihan masker untuk menghindari iritasi dan maskne. Masker sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali atau bisa kurang dari 4 jam diganti jika masker sudah dalam keadaan basah oleh keringat. Masker yang basah kurang efektif digunakan serta meningkatkan potensi tumbuhnya bakteri dan kuman.

3. Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit

Jangan beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan sunscreen. Sunscreen berguna untuk  melindungi terhadap sinar UV yang dapat menurunkan kolagen. Pilih sunscreem yang sesuai dengan kondisi kulit. Pastikan untuk selalu melakukan re-apply sunscreen setidaknya setiap 2 jam sekali.

4. Rutin lakukan eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi secara rutin agar kotoran yang menempel pada kulit bisa terangkat, sehingga kondisi kulit tetap bersih dan sehat.

5. Perhatikan kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap

Kulit lembap dapat mengurangi potensi munculnya masalah kulit. Gunakan pelembap secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kulit.

Artikel Terkait