Menu

Tips Menggunakan Retinol untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Retinol memang dikenal sebagai kandungan skincare untuk mengatasi penuaan dini, namun ternyata Retinol juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat, khususnya jerawat dewasa. Jika kamu sudah memasuki usia 20-an akhir tapi masih sering mengalami masalah jerawat, hal itu normal terjadi. Munculnya jerawat dewasa umumnya disebabkan oleh berbagai hal. Kehadiran Retinol bosa jadi solusi untuk mengatasi jerawat dewasa yang sedang dialami. 

Menurut seorang dokter kulit di New York, Marisa Garshick, MD, dalam tulisannya di prevention.com, retinol tidak hanya efektif dalam mengatasi masalah kerutan di kulit, tapi juga mampu mengatasi masalah jerawat. Namun sayangnya, belum banyak dokter ahli yang meresepkan retinoid kepada pasiennya untuk mengatasi jerawat.

Retinol bekerja dengan cara mengeksfoliasi lapisan terluar kulit (epidermis) untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Hal ini bisa membantu mencegah pembentukan jerawat. Selain itu molekul kecil dari retinol mampu menyerap dan bekerja di lapisan tengah kulit (dermis), untuk merangsang kolagen dan elastin. Cara kerja retinol ini secara tidak langsung menghempaskan jerawat dengan menjaga pori-pori tetap bersih, sekaligus mencegah terjadinya jaringan parut jerawat pada kulit.

Jika ingin memanfaatkan retinol untuk atasi jerawat, kamu bisa konsultasi dengan dokter ahli untuk meminta obat jerawat dengan kandungan retinol yang fokus untuk jerawat bukan penuaan dini.  

Sedangkan untuk produk berkandungan retinol, Bhumi memiliki HPR Retinol Serum yang mengandung 1% HPR dan 1% Retinol yang bisa dijadikan alternatif mengatasi permasalahan jerawat beserta penuaan dini.

HPR Retinol Serum untuk atasi jerawat bisa dilakukan secara bertahap. Untuk pemula, gunakan retinol 1-2 kali dalam seminggu. Jika kulit tidak memberikan reaksi seperti kering atau kemerahan, coba tingkatkan kadar penggunaanya menjadi dua kali seminggu, dan seterusnya. Selain itu, produk retinol sebaiknya tidak digunakan pada area kulit yang tipis seperti dekat mata, dan area bibir.

Seperti yang banyak diketahui, retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan  cenderung membuat kulit kering. Penggunaan retinol sebaiknya dipakai saat malam hari, sebelum tidur. Lalu di pagi hari, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas agar kulit tidak mengalami iritasi atau kemerahan.  Setelah itu, seimbangkan rutinitas skincare dengan selalu menjaga kadar kelembaban kulit dengan selalu menggunakan moisturizer setelah mengaplikasikan retinol pada kulit. 

Nah, jadi gimana Beauties? Tertarik menggunakan HPR Retinol Serum untuk mengatasi jerawat kamu?
 

Artikel Terkait