• FREE SHIPPING for all regions of Indonesia up to IDR 30.000 with a minimum purchase IDR 250.000

There are 0 Products

Exfoliating Serum vs Exfoliating Toner: Beda atau Sama?

15 July 2022 04:24:00 By Bhumi 4 comments

Dewasa ini, produk exfoliating serum mulai banyak bermunculan dan semakin banyak dikenali. Meski memiliki nama dan fungsi yang hampir sama dengan exfoliating toner, tetapi orang-orang masih jauh lebih familier dengan exfoliating toner.

Kira-kira, apa ya bedanya exfoliating serum dan exfoliating toner? Cari tahu bedanya di sini!

Tekstur

Kebanyakan serum memiliki konsistensi yang lebih kental bila dibandingkan dengan exfoliating toner. Hal ini disebabkan karena serum mengandung lebih banyak bahan pengikat yang bersifat melembapkan. Biasanya exfoliating serum  Selain itu, serum biasanya digunakan setelah toner, maka kandungan exfoliant-nya jauh lebih gentle di kulit.

Kandungan

Biasanya, produk eksfoliasi, baik serum maupun toner mengandung AHA dan BHA yaitu perpaduan alpha dan beta-hydroxy acid, serta senyawa turunannya seperti  salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid. Bahkan, ada juga produk yang mengandung PHA (Polyhydroxy Acid). Setiap jenis asam memiliki kegunaannya tersendiri 

Urutan penggunaan

Setiap produk skincare memiliki tekstur yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis, kandungan, kegunaan, dan formulasi dari masing-masing produk. Perbedaan tekstur ini memiliki peranan dalam rangkaian penggunaan skincare. Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan urutan penggunaan skincare agar produk dapat meresap dengan baik dan tidak menggumpal. Aturan utama dalam skincare-an adalah menggunakan produk dari yang teksturnya yang paling cair sampai yang paling kental.

  • Gunakan exfoliating toner setelah mencuci muka.
  • Gunakan exfoliating serum setelah exfoliating toner.

Fungsi

Meski sama-sama memiliki kegunaan untuk membersihkan pori-pori dari sumbatan kotoran, minyak, dan sel kulit mati, keduanya memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Exfoliating toner memiliki fungsi utama untuk mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan kulit terluar. Selain itu, exfoliating toner dapat membersihkan sisa makeup dari wajah.

Pada kulit yang kering dan sensitif, beberapa produk exfoliating toner dengan kandungan AHA dapat menimbulkan efek samping pada kulit. Misalnya, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, rentan mengalami iritasi, kemerahan, gatal-gatal, atau bengkak.

Bukan hanya itu, jika produk exfoliating toner mengandung AHA plus BHA, kulit dapat menjadi bersisik akibat pengelupasan sel kulit mati yang cukup keras.

Oleh karenanya, penting sekali untuk menggunakan toner eksfoliasi yang dapat sekaligus menghidrasi kulit seperti Resurface Mild Exfoliating Toner. Toner ini dapat membersihkan lapisan kulit bagian luar dan kulit dari kekeringan. Selain itu, toner ini aman untuk digunakan setiap hari.

Beda halnya dengan exfoliating toner, exfoliating serum dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak hingga ke lapisan kulit terdalam. Biasanya exfoliating serum bersifat lebih gentle karena memiliki buffer, yaitu kandungan lain yang menyeimbangkan bahan aktif eksfoliasi agar meredam efek eksfoliasi.

Selain itu,  serum biasanya memiliki lebih banyak kandungan, termasuk bahan aktif yang dapat mengatasi masalah kulit lainnya, seperti mencerahkan, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda hitam pada wajah.

Kamu dapat mencoba Sugar Rush Exfoliating Serum untuk membantu membersihkan kulitmu dari kotoran. Serum ini mengandung gula alami dan 6% AHA + 2% BHA + 2% PHA. Serum ini dlengkapi dengan Chamomile dan Calendula yang berfungsi menenangkan kulit dari kemerahan dan bersifat anti iritasi.

Apakah keduanya dapat digunakan bersamaan?

Kamu dapat menggunakan  exfoliating toner dan exfoliating serum secara bersamaan dengan memperhatikan beberapa hal.

  • Perhatikan kandungan yang dimiliki oleh kedua produk. Sebaiknya kamu menggunakan toner eksfoliasi yang dapat menghidrasi juga. Sama halnya dengan serum, kamu perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Jika memang ingin me-layer, sebaiknya kamu mencari serum yang dilengkapi dengan kandungan menenangkan, seperti chamomile, prickly pear extract, calendula, dan centella asiatica.
  • Proses eksfoliasi dapat mengikis lapisan kulit, oleh karenanya sangat penting untuk memperkuat skin barrier sebelum menggunakan exfoliating toner dan exfoliating serum. Selalu gunakan pelembap, terutama yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan niacinamide.
  • Ketika menggunakan produk baru, kamu sebaiknya melakukan patch test agar dapat mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan, terutama pada produk eksfoliasi. 

Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin karena dapat membersihkan pori-pori dari kotoran & minyak, merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, mencegah timbulnya jerawat, dan memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Bhumi