Menu

Kenalan Sama Acne Prone Skin dan Cara Merawatnya!

Acne-prone adalah masalah pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Ciri utama yang bisa dikenali untuk kondisi ini adalah timbulnya jerawat, kemerahan, rasa gatal, dan pengelupasan pada kulit. Umumnya, acne prone timbul pada orang dengan tipe kulit sensitif (berminyak-sensitif atau kering-sensitif). Penyebab dari masalah ini cukup beragam, mulai dari hormon, genetik, stress, atau makanan yang dikonsumsi.

Ngga bisa dipungkiri kalau kondisi ini bikin kita jadi ngga percaya diri dan takut untuk mengaplikasikan produk ke muka kita. Meskipun begitu, kamu yang punya acne prone skin tetep harus melakukan rangkaian perawatan kulit, loh! Tapi jangan sampe asal pilih skincare. Soalnya, alih-alih membaik, masalah pada kulit malah bisa makin parah! Makanya, sekarang Bhumi mau kasih kamu tips tentang apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari sama pemilik acne-prone skin. Simak, yuk!

1. Do: Pilih sabun cuci muka yang sesuai

Sebaiknya kamu membeli sabun cuci muka yang ringan. Bhumi ngerekomendasiin kamu buat milih sabun cuci muka yang mengandung Salicylic acid, karena zat ini bisa membantu mengurangi peradangan saat kulitmu mengalami iritasi atau breakout. Buat kamu si pemilik acne prone skin, sebaiknya kamu pilih sabun cuci muka yang low pH.

2. Don’t: Jarang melakukan eksfoliasi

Kalau kamu sering beraktivitas di luar, biasanya debu, kotoran, dan polusi bakalan nempel di muka. Kalau dibiarin gitu aja, pori-pori akan tersumbat dan sel kulit mati menumpuk! Untuk menghindari itu,s penting banget buat kamu untuk eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Pilih exfoliating toner dengan kandungan aktif, seperti AHA/BHA atau retinol, karena teksturnya cair dan ngga bikin kulitmu iritasi. Kamu bisa pakai dari yang konsentrasinya rendah dulu, supaya kulitmu bisa beradaptasi. Hindari memakai scrub, apalagi yang butirannya besar.

3. Do: Maskeran

Meski kamu udah rutin cuci muka dan eksfoliasi, ngga ada salahnya kalau kamu tetep maskeran seminggu sekali. Kalau kulitmu kering, kamu bisa pakai sheet mask yang punya kandungan melembabkan, seperti aloe vera dan glycerin. Kalau kulitmu berminyak, kamu bisa pakai clay mask, karena bisa mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori. Kalau kulitmu lagi jerawatan dan meradang, kamu bisa pakai masker yang punya kandungan menenangkan, seperti calendula dan centella asiatica.

4. Don’t: Tidak menggunakan pelembab

Meski kulitmu acne-prone dan berminyak, salah besar kalau kamu ngga pakai pelembab. Faktanya, kalau kulit sengaja dibiarkan kering, lapisan dermis malah akan terus memproduksi sebum dan itu akan bikin kulitmu semakin berminyak. Bhumi saranin kamu tetep pakai pelembab, tapi yang memang khusus untuk oily skin biar bisa mengontrol kadar minyak di wajah. Kamu bisa cari pelembab dengan kandungan retinoid, asam salisilat, dan sodium hyaluronate. Ketiganya dapat mengurangi produksi minyak berlebih, melarutkan minyak, dan mempertahankan kelembaban kulit. Hindari pelembab yang mengandung parafin atau cocoa butter, karena bisa menyumbat pori-pori.

5. Do: Selalu pakai sunscreen

Sedari dini, kita perlu memproteksi kulit dari paparan sinar UVA/UVB. Bhumi saranin kamu untuk tetep memakai sunscreen meski sedang jerawatan. Paparan sinar matahari berpotensi merusak kulit dan bisa memperparah jerawat. Cari sunscreen yang memang diformulasikan khusus untuk pemilik acne prone skin. Supaya ngga lengket dan berminyak, pilih sunscreen yang oil-free, non acnegenic, dan non comedogenic.

6. Don’t: Ngga memperhatikan kandungan skincare

Kalau kamu punya acne-prone skin, biasanya kulitmu akan lebih mudah bereaksi terhadap beberapa kandungan skincare. Makanya, kamu perli berhati-hati dalam membeli skincare. Berikut kandungan yang sebaiknya kamu hindari :

  • Silikon : kandungan ini bisa menyebabkan kulit wajahmu jadi dehidrasi dan berpotensi menyumbat pori-pori.
  • Sodium Chloride : mudah menimbulkan jerawat.
  • Petrochemicals : dapat memicu penyumbatan pada pori-pori dan bisa menyebabkan breakout.
  • Fragrance : Hindari skincare yang mengandung wewangian, karena bisa membuat kulitmu iritasi dan kering.

Nah, itu dia tips dari Bhumi tentang apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari sama pemilik acne-prone skin. Sekarang kamu udah paham, kan? Selamat bertumbuh bersama kulit cantikmu

Leave a Comment

Artikel Terkait