• FREE SHIPPING for all regions of Indonesia up to IDR 30.000 with a minimum purchase IDR 250.000

There are 0 Products

Mengenal Penyebab Komedo dan Cara Ampuh Mengatasinya

27 May 2022 10:27:00 By Bhumi 4 comments

Komedo merupakan bintik-bintik yang muncul di kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Komedo terbentuk ketika terjadi penumpukan sebum (minyak) dan sel kulit mati di kulit, sehingga menyumbat pori-pori. Biasanya komedo terbagi menjadi dua, yaitu whiteheads dan blackheads.

Selain itu, beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya komedo adalah: permukaan kulit yang kotor, iritasi pada pori-pori akibat mencuci wajah terlalu kasar, perubahan hormon, paparan bahan kimia seperti isopropyl myristate atau propylene glycol, dan lainnya.

Jika tidak ditangani, komedo yang bercampur dengan kotoran, sebum, dan debu dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan peradangan atau timbulnya jerawat. Oleh karenanya, kamu harus memperhatikan kebersihan kulit. Berikut cara ampuh mengatasi komedo yang membandel!

Rutin membersihkan wajah

Untuk menjaga kebersihan kulit, kamu dianjurkan membersihkan wajah dengan facial wash dua kali sehari. Facial wash diformulakan khusus untuk area wajah termasuk membersihkan kotoran, debu, dan minyak yang ada di permukaan kulit.

Double cleansing

Produk double cleansing dapat mengangkat sisa kotoran dan makeup. Proses ini penting karena dapat membuka akses peredaran udara di kulit wajah, sehingga menjadi pembuka jalan bagi facial wash untuk membersihkan lebih lanjut.

Rutin eksfoliasi

Eksfoliasi adalah tahapan penting untuk mengurangi komedo karena dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengontrol sebum & mengurangi produksi minyak. Kamu dapat menggunakan Resurface Mild Exfoliating Toner karena dapat mengeksfoliasi kulit tanpa mengiritasi sekaligus menghidrasi kulit agar terhindar dari kekeringan. Toner ini mengandung:

  • 2% BHA - membersihkan penyumbatan pori-pori dan produksi minyak berlebih dan kotoran lainnya yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.
  • 1% Hyaluronic Acid - molekul terkecil dari Hyaluronic Acid bisa menarik air dan mengikat kelembapan di dalam kulit.
  • Ceramide - sebagai pembentuk lapisan kulit lebih sehat dan memperkuat skin barrier. Selain itu, Ceramide bisa melindungi kulit dari dehidrasi, serangan radikal bebas, dan permasalahan gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada kulit (anti-breakout).
  • Rosehip Oil - kaya akan Linoleic Acid dan Retinoic Acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Rosehip Seed Oil juga berfungsi menghilangkan noda bekas jerawat, noda hitam, dan dampak hiperpigmentasi lainnya. Plus, bisa membantu pembentukan produksi kolagen untuk membantu meremajakan kulit.

Jangan memencet komedo

Komedo memang membuat kita gemas ingin mengeluarkannya dengan cara yang instan dan cepat! Namun, memencet kulit di sekitar komedo justru dapat merusak kulit karena memicu peradangan/iritasi. Dan yang tak kalah penting, jangan memegang hidung atau pipi dengan tangan yang kotor karena dapat mentrasnfer bakteri dan kotoran ke kulit wajah.

Bhumi