• FREE SHIPPING for all regions of Indonesia up to IDR 30.000 with a minimum purchase IDR 250.000

There are 0 Products

Yuk Cari Tahu, Apa sih Perbedaan antara Kulit Perempuan dan Laki-Laki?

01 April 2022 10:25:00 By Bhumi 4 comments

Tahukah kamu, ternyata kulit perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan, loh! Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti siklus hormonal sampai kadar kolagen. Yuk cari tahu, apa sih bedanya?

Ketebalan

Laki-laki memiliki lebih banyak hormon testosteron, oleh karenanya kulit laki-laki lebih tebal sekitar 20-25% daripada kulit perempuan. Hal ini mengakibatkan kulit laki-laki cenderung lebih tebal dan kuat, sementara perempuan memiliki kulit yang kenyal dan halus.

Biasanya, kulit laki-laki juga mengandung lebih banyak kolagen. Kolagen merupakan protein di dalam tubuh yang memiliki sifat seperti lem' untuk menahan seluruh isi badan. Kolagen yang termasuk ke dalam protein biasanya terdapat di otot, tulang, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan tendon. Jika manusia kekurangan kolagen, maka kulit akan kehilangan keelastisannya.

Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa penuaan pada laki-laki terjadi secara bertahap, sementara kulit perempuan dapat menipis secara drastis setelah memasuki masa menopause. Tapi untuk para perempuan, jangan khawatir! Bhumi memiliki Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil dan Bakuchiol Night Oil yang tidak hanya mampu menjadikan kulit lebih cerah, lembap, dan bersih, tapi juga menstimulasi produksi kolagen.

Produksi minyak

Minyak pada wajah dihasilkan oleh kelenjar sebasea (sebaceous glands) yang berada di dekat folikel rambut. Kelenjar ini menghasilkan zat sebum yang berminyak, terutama di area wajah dan kepala. Kelenjar sebasea pada kulit wajah laki-laki lebih aktif dibandingkan perempuan. Hal ini berpengaruh juga pada pori-pori pria yang cenderung lebih banyak dan besar. Produksi sebum (minyak) berlebih inilah yang menjadikan kulit pria lebih mudah berminyak.

Laki-laki juga memiliki pH kulit yang lebih rendah daripada perempuan. Maka dari itu, laki-laki disarankan lebih sering menggunakan scrub pembersih wajah. Sementara perempuan disarankan menggunakan scrub pembersih wajah yang lebih gentle.

Namun, baik laki-laki dan perempuan, kamu perlu memperhatikan produk eksfoliasi agar kesehatan kulit tetap terjaga. Untuk kulit kering, kamu dapat menggunakan Deep Hydration Toner dari Bhumi. Toner ini bekerja mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan dan menghidrasi kulit secara maksimal. Kandungan AHA, vitamin C, Hyaluronic Acid, dan Cucumber extract-nya menjadikan kulit bebas kusam dan noda hitam.

Sementara, untuk kulit berminyak kamu dapat menggunakan Resurface Mild Exfoliating Toner. Dengan 2% BHA, 1% HA, Ceramide, dan Rosehip Oil, toner ini mampu mencerahkan kulit kusam akibat penumpukan sel kulit mati, bekas jerawat, flek hitam dan hiperpigmentasi.

 

Kelembapan

Dibandingkan perempuan, laki-laki berkeringat dua kali lebih banyak karena suhu tubuhnya lebih mudah meningkat. Manusia mengeluarkan keringat agar mendinginkan suhu tubuh yang panas. Keringat pada laki-laki mengandung Lactic Acid, salah satu asam AHA (alpha hydroxy acids) yang memengaruhi tingkat pH. Lactid acid di dalam keringat ternyata berfungsi sebagai pelembab alami untuk laki-laki. Hal ini menyebabkan kulit perempuan lebih membutuhkan tambahan pelembap dibandingkan kulit laki-laki.

Namun, baik laki-laki dan perempuan, kamu perlu memperhatikan kelembapan kulit agar terhindar dari masalah kulit kering.

Untuk kulit kering, kamu dapat menggunakan G-Alpine Hydra Lock Moisturizer supaya kelembapan kulit terkunci sepanjang hari. Gigawhite extract, Allantoin, dan Centella Asiatica efektif merangsang produksi kolagen, menyamarkan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Sementara, untuk kulit berminyak, Ceramide Hydra Lock Moisturizer dapat menjadi andalanmu karena mengandung Zink PCA, HA, dan Borage Oil untuk menjaga produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori secara menyeluruh, dan menjaga kekuatan skin barrier. Moisturizer ini memiliki hasil matte, jadi nyaman digunakan tanpa khawatir kulit semakin berminyak.

 

Bhumi