Menu

Anti Rugi, Ini Cara Jitu Memanfaatkan Skincare yang Tidak Cocok di Kulit Wajah

Skincare merupakan produk perawatan kulit yang bersifat personal. Maka, wajar bila ada produk skincare yang tidak cocok dengan kulitmu. Kalau sudah begini, kira-kira harus bagaimana, ya? Tunggu dulu, jangan langsung dibuang! Kamu bisa menggunakan produk-produk yang tidak cocok di kulit wajahmu sebagai alternatif untuk merawat bagian tubuh lainnya. Yuk simak tips dari Bhumi!

Sabun cuci menjadi sabun cuci tangan

Setelah cuci muka, kulit malah jadi kering, bruntusan, atau kusam? Itu artinya sabun cuci mukamu tidak cocok. Tidak perlu khawatir, kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai sabun cuci tangan. Terlebih, di masa pandemi, sebaiknya kamu selalu membawa sabun cuci tangan setiap kali bepergian. Selain bersih, tangan juga jadi lembap dan wangi!

Moisturizer wajah menjadi hand cream

Salah satu kunci untuk kulit wajah yang sehat dan lembap adalah dengan menggunakan moisturizer. Apabila moisturizer-mu tidak cocok di kulit wajah, kamu dapat menjadikannya sebagai hand cream atau pelembap tangan. Di situasi pandemi seperti sekarang, kita disarankan untuk rajin mencuci tangan. Tetapi terlalu sering mencuci tangan dapat membuat tangan menjadi kering dan kasar. Manfaatkan moisturizer-mu agar tangan tetap lembap, lembut, dan bebas dari kekeringan.

Serum menjadi campuran ke body lotion

Tanda-tanda serum yang tidak cocok pada kulit wajah adalah timbulnya jerawat, bruntusan, rasa gatal, atau sensasi perih. Kebanyakan serum memiliki kandungan bahan aktif yang cukup tinggi untuk mengatasi masalah tertentu pada wajah. Oleh karenanya, jangan lanjutkan penggunaan serum bila tidak cocok di kulit wajahmu. Tetapi kamu dapat mengakalinya dengan menjadikannya serum sebagai campuran body lotion.

Tuangkan 3-4 tetes serum dengan body lotion kemudian gunakan ke seluruh tubuh agar membantu kulit menjadi lebih cerah dan lembap.

Exfoliating Toner untuk siku atau lutut

Produk eksfoliasi biasanya mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Jika tidak cocok karena menimbulkan iritasi dan kemerahan, kamu dapat menggunakan produk eksfoliasi di siku atau lutut agar tidak kasar atau berwarna kehitaman.

Lip Balm untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah

Lip balm memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya untuk melembutkan, lip balm juga dapat membantu menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Jika lip balm-mu tidak cocok, gunakan untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah. Terutama lip balm yang mengandung petroleum jelly dan shea butter dapat menghaluskan tumit yang kasar.

Nah, itu dia hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan produk skincare bila tidak cocok di kulit wajah. Yuk share ke teman, keluarga, dan kerabatmu because sharing is caring. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Artikel Terkait