• GRATIS ONGKOS KIRIM ke seluruh wilayah Indonesia hingga Rp 30.000 dengan belanja min. Rp 250.000

There are 0 Products

Apa itu Skin Barrier? Mengenal Pengertian dan Fungsi Skin Barrier

09 September 2022 11:08:00 By Bhumi 4 comments

Untuk kamu yang sudah sering menggunakan skincare, pastinya tidak asing dengan istilah skin barrier. Namun, apa sih skin barrier itu?

Kamu manusia terdiri dari beberapa lapisan, yaitu dari epidermis (lapisan kulit paling luar), dermis (lapisan kulit bagian dalam), dan hipodermis (lapisan di bawah dermis). Skin barrier sendiri merupakan lapisan terluar kulit yang dikenal juga dengan stratum korneum dam tersusun oleh kolesterol, asam lemak, serta ceramide.

Lapisan ini memiliki peran yang sangat penting karena dapat melindungi kesehatan kerusakan sekaligus juga mempertahan kadar kelembapan di dalam kulit.

Yuk simak fungsi hebat dari skin barrier!

Melindungi kulit dari kerusakan 

Aktivitas di luar ruangan yang padat dapat membuat kulit terpapar sinar matahari, sinar ultraviolet, polusi, maupun bakteri. Oleh karenanya, skin barrier berfungsi sebagai penghalang agar kotoran tidak masuk dan mencegah agar kandungan air di dalam kulit tidak menguap dan menimbulkan dehidrasi.

Melindungi kulit dari iritasi atau infeksi

Skin barrier dapat melindungi kulit dari potensi iritasi karena dapat mengatur kadar kehilangan air transepidermal. Hal inilah yang akan menjaga dari potensi iritasi dan infeksi.

Menjaga kelembapan kulit

Salah satu pekerjaan utama skin barrier adalah menjaga kandungan air di kulit. Hal ini menjadikan kulit tetap lembap dan sehat. Kelembapan kulit berdampak pada kekenyalan dan kekencangannya juga.

Karena dapat mengalami kerusakan, kamu perlu menjaga kekuatan skin barrier agar dapat memproteksi kulit secara keseluruhan. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan skin barrier.

1. Gunakan skin care yang berbahan gentle

Kamu dapat memilih produk perawatan kulit seperti sabun, moisturizer, sunscreen, atau toner yang berbahan dasar lembut tanpa tambahan alkohol maupun pewangi. Sebaiknya kamu juga merhatikan juga kadar pH agar tidak mengiritasi kulit. 

2. Memilih skin care dengan kandungan ceramide

Ceramide merupakan lemak atau lipid yang ditemukan di sel-sel kulit dan membentuk 30-40% dari epidermis (lapisan kulit luar). Ceramide sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit secara alami dan memperkuat skin barrier. Oleh karenanya, kamu dapat mencari produk produk pelembap, serum, maupun losion yang mengandung ceramide.

3. Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit

Tahukah kamu, ada beberapa kebiasaan yang ternyata dapat merusak lapisan kulit. Di antaranya adalah mandi air dengan panas terlalu lama, menggosok atau menggaruk kulit dengan kasar, eksfoliasi berlebihan, jarang menggunakan moisturizer, dan tidak menggunakan sunscreen.

Jadi, ibarat sebuah ruangan yang memerlukan dinding sebagai pelindung, kulit pun membutuhkan lapisan yang bisa menjaga kulit dari kerusakan dan zat-zat berbahaya. Oleh karenanya kamu harus jaga skin barrier kamu dari sekarang dengan Ceramide Hydra Lock Moisturizer dan G-Alpine Hydra Lock Moisturizer.

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi kulitmu secara berkala, ya!

Bhumi