• GRATIS ONGKOS KIRIM ke seluruh wilayah Indonesia hingga Rp 30.000 dengan belanja min. Rp 250.000

There are 0 Products

Cari Tahu Penyebab Terjadinya Pilling saat Menggunakan Skincare

25 March 2022 10:41:00 By Bhumi 4 comments

Produk tidak meresap dan malah menggumpal saat menggunakan skincare? Bisa jadi kamu mengalami mengalami pilling! Jika belum familiar dengan istilah tersebut, pilling atau product pilling adalah kondisi di mana suatu produk (seperti moisturizer/serum/sunscreen) tidak menyerap ke dalam kulit secara optimal dan hanya tertumpuk di lapisan luar kulit sehingga menggumpal menjadi serpihan putih.

Hal ini dapat mengindikasikan jika produk yang kamu gunakan tidak meresap dengan baik di kulit. Jika kamu mengalami masalah serupa, yuk cari tahu penyebab mengapa pilling dapat terjadi saat menggunakan skincare!

Jarang eksfoliasi

Jika tidak rutin dibersihan, pori-pori akan menjadi kotor karena penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih. Akibatnya, hal ini akan menghambat penyerapan produk skincare ke dalam kulit. Untuk mengatasinya, lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu agar kulit bebas dari komedo, jerawat, dan kusam. Kamu dapat menggunakan Resurface Mild Exfoliating Toner karena mengandung 2% BHA, 1% HA, Ceramide, dan Rosehip Oil untuk mencerahkan kulit kusam akibat penumpukan sel kulit mati, bekas jerawat, flek hitam dan hiperpigmentasi.

Tidak memberikan jeda saat menggunakan produk berbeda

Biasanya, kita menggunakan lebih dari satu produk saat melakukan skincare routine. Sayangnya, terkadang kita tidak sabaran atau terburu-buru dalam mengaplikasikan banyak produk ke wajah. Hal ini dapat mengakibatkan penumpukan produk karena belum meresap dengan sempurna. Sebaiknya kamu memberikan jeda waktu antar produk agar kandungannya meresap sampai ke lapisan dalam kulit. Selain itu, kamu disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak produk (misalnya 10 steps skincare routine) agar kandungan atau bahan aktif dari suatu produk dapat bekerja secara maksimal dan fokus memperbaiki masalah pada kulit wajah.

Menggunakan produk oil-based dan water-based secara bersamaan

Produk oil-based adalah skincare yang menggunakan oil (minyak) sebagai formula utama. Sementara water-based adalah skincare yang menggunakan air sebagai formula utama. Sama seperti konsep minyak goreng dan air, kedua zat ini tidak bisa bersatu. Hal ini berlaku juga pada skincare. Bila digunakan bersamaan, formula minyak based dapat menghalangi formula air. Selain tidak dapat bekerja dengan optimal, kombinasi keduanya juga berpotensi merusak kesehatan kulitmu.

Penggunaan urutan skincare yang salah

Setiap produk skincare memiliki tekstur yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis, kandungan, kegunaan, dan formulasi dari masing-masing produk. Perbedaan tekstur ini memiliki peranan dalam rangkaian penggunaan skincare. Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan urutan penggunaan skincare agar produk dapat meresap dengan baik dan tidak menggumpal. Aturan utama dalam skincare-an adalah menggunakan produk dari yang teksturnya yang paling cair sampai yang paling kental.

Contoh urutan skincare: Face Wash -> Toner -> Serum -> Moisturizer -> Face Oil

Gunakan produk dengan bahan dasar air sebelum menggunakan produk berbahan dasar minyak. Sebagai contoh, face oil seperti Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil dan Bakuchiol Night Oil selalu digunakan di paling akhir karena berbahan dasar minyak.

Itu dia hal-hal yang dapat menyebabkan pilling ketika menggunakan skincare. Yuk cegah penyebab pilling agar skincare-mu dapat bekerja dengan maksimal ke dalam kulit. Share ke teman, keluarga, dan kerabatmu because sharing is caring. Selamat mencoba!

Bhumi