• GRATIS ONGKOS KIRIM ke seluruh wilayah Indonesia hingga Rp 30.000 dengan belanja min. Rp 250.000

There are 0 Products

Ini Kesalahan Penggunaan Skincare yang Mungkin Tidak Kamu Sadari, Bikin Kulit Susah Glowing!

11 February 2022 05:25:00 By Bhumi 4 comments

1. Over-cleansing atau terlalu sering mencuci muka

Rutin membersihkan wajah dua kali sehari merupakan tahapan yang tidak boleh dilewatkan, apalagi kalau kamu punya kegiatan padat di luar ruangan. Tapi, terlalu sering mencuci muka justru menimbulkan masalah pada kulit. Sabun cuci muka memiliki kandungan yang dapat mengikis lapisan atas minyak kulit. Bila kulit terlalu kering, hal ini justru akan memicu pelepasan lebih banyak minyak dan dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya pori-pori akan tersumbat dan memicu timbulnya komedo. Batasi mencuci muka hanya dua kali sehari, ya!

2. Jarang eksfoliasi

Eksfoliasi wajah berguna untuk mengangkat minyak, debu, dan partikel kotoran. Tahapan ini penting karena bisa membersihkan wajah secara menyeluruh. Eksfoliasi dapat membantu kamu membersihkan kulit sampai ke lapisan terdalam. Kalau kamu jarang melakukan eksfoliasi, wajah akan menjadi kusam, komedo menumpuk, dan berjerawat.

3. Over-exfoliating

Berkebalikan dengan nomor poin sebelumnya, kita juga sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering. Bukannya jadi sehat, over-exfoliating akan membuat kulit menjadi kering. Apalagi jika tidak diimbangi dengan moisturizer yang cukup, kulit berpotensi mengalami iritasi. Lakukan eksfoliasi maksimal 2-3 kali seminggu.

4. Tidak menggunakan sunscreen

Sunscreen memiliki fungsi penting untuk melindungi kulitmu dari sinar UVA/UVB. Kulit yang terkena paparan sinar matahari terus-menerus tanpa perlindungan dapat kehilangan keelastisannya, sehingga muncul flek hitam, garis halus ada kulit, komedo, dan warna kulit jadi tidak merata. Tahukah kamu, sunscreen bisa mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Yuk mulai rajin pakai sunscreen!

5. Asal mencampurkan skincare

Pernahkah kamu mencampurkan dua skincare dengan kandungan berbeda? Hati-hati, ya! Pasalnya, dalam dunia skincare ada aturan yang perlu diperhatikan saat mencampur dua bahan aktif di dalam skincare. Contohnya, AHA tidak boleh dicampur dengan Niacinamide karena memiliki peran berlawanan. AHA berkemampuan mengeksfoliasi kulit, sementara Niacinamide meningkatkan pertahanan kulit dari faktor-faktor luar yang berpotensi merusak kulit.

6. Menggunakan terlalu banyak produk skincare

Apakah kamu termasuk orang yang melakukan 7 steps skincare routines? Atau bahkan 10 steps? Terlalu banyak menggunakan produk skincare justru dapat mengakibatkan kulit menjadi terlalu kering dan iritasi. Selain itu, jika ada banyak bahan aktif yang dicampur dalam sekali waktu, daya kerjanya jadi tidak akan maksimal. Sebaiknya, kamu memperkuat basic skincare dulu dan berfokus pada masalah kulit yang sedang dihadapi.

7. Salah urutan penggunaan skincare

Saat memakai skincare, ada urutan yang perlu kamu perhatikan. Gunakan rangkaian skincare dari tekstur yang paling cari hingga paling kental. Apabila urutannya terbalik, dapat menghambat penyerapan skincare ke dalam kulit. Berikut contoh urutan yang disarankan: face cleanser, toner, essence atau serum, moisturizer, dan sunscreen.

Nah, sekarang kamu udah tau kan hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari ketika menggunakan skincare? Yuk mulai perbaiki kesalahan yang masih dilakukan. Share artikel ini ke teman, keluarga, dan saudara kamu. Semoga bermanfaat!

Bhumi