Menu

Memakai Skincare yang Sudah Expired? Cari Tahu Penjelasan dan Dampaknya

Pernahkah kamu mennyimpan suatu produk skincare dalam jangka waktu yang sangat lama? Apakah produk tersebut masih aman digunakan atau sebaiknya langsung dibuang?

Setiap produk skincare seperti facial wash, sunscreen, moisturizer, lotion, serum wajah, sampai toner biasanya memiliki tanggal kadaluarsa yang berbeda. Biasanya,produk skincare memiliki jangka waktu pemakaian selama satu sampai tiga tahun. Kamu dapat menemukan tanggal produksi dan kadaluarsa di tutup atau kemasan (box) produk. Agar tidak salah, sebaiknya kamu mengenal istilah tanggal pada kemasan skincare.

Kode dan istilah pada kemasan skincare

  • Production Date atau Manufacture Date = tanggal dibuatnya produk di pabrik. Biasanya disingkat menjadi MFE, MFG, atau M.
  • Expired Date = tanggal produk akan kadaluarsa. Biasanya ditulis dengan singkatan EXP atau E.
  • Period After Opening (PAO) = berapa lama sebuah produk dapat digunakan setelah tutupnya dibuka. Biasanya ditulis dengan 6M (6 bulan) atau 12 M (12 bulan)

Bagaimana sih ciri-ciri skincare yang sudah expired?

Setelah mengenali kode dan istilah pada kemasan skincare, kamu juga harus mengenali tanda-tanda atau perubahan yang terjadi saat skincare sudah expired:

  • Produk akan mengalami perubahan warna. Misalnya produk yang berwarna putih akan berubah menjadi kuning, coklat, atau abu-abu. 
  • Tekstur produk akan berubah, misalnya dari padat menjadi encer. Selain itu, biasanya tekstur minyak dan air terpisah. Kondisi ini menandakan bahwa emulsifier atau stabilizer-nya sudah tidak bekerja dan produk sudah tidak berada dalam pH balance yang baik.
  • Produk mengeluarkan aroma yang tidak sedap.
  • Produk menimbulkan iritasi atau kemerahan di kulit.

Apakah boleh menggunakan skincare expired?

Produk skincare yang sudah expired sebaiknya tidak digunakan lagi, karena sangat berpotensi menyebabkan kulit menjadi kemerahan, infeksi, gatal-gatal, serta menyebabkan mata berair.  Pada beberapa kasus, kulit akam menjadi lebih mudah berminyak, berjerawat, serta berkomedo.

Meskipun beberapa produk tidak mengakibatkan efek samping pada kulit, namun produk skincare yang sudah kadaluarsa akan mengalami perubahan komposisi bahan kimia yang membuat keefektifan produk sepenuhnya menurun. Apalagi, adanya kontak dengan udara dan kulit dapat memberikan ruang bagi bakteri untuk berkembang biak di dalam produk skincare tersebut.

Apa contohnya?

Ketika sunscreen sudah expired, fungsinya akan berkurang (bahkan hilang) sehingga tidak dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UV. Contoh lainnya adalah produk yang mengandung vitamin C. Kandungan asam pada vitamin C sangat mudah teroksidasi oleh paparan cahaya dan suhu panas dari matahari.

Ingat ya, sangat penting sekali untuk mengetahui tanggal expired dari skincare kamu! Yuk rajin-rajin melakukan pengecekan terhadap perubahan yang terjadi pada tekstur, warna, atau aroma bau produk skincare-mu. Save dan share informasi ini ke teman-teman kamu agar semakin banyak orang yang aware tentang aturan penggunaan skincare yang baik dan benar!

Leave a Comment

Artikel Terkait