Menu

SKINMINIMALISM: Go Minimalist with Skincare

Apakah kamu familiar dengan istilah dengan skin minimalist atau skinminimalism? Sesuai dengan namanya, skinminimalism adalah sebuah tren untuk meminimalisir penggunaan skincare yang terlalu banyak. Tujuannya agar kita bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan menggunakan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh wajah. Oleh karenanya, skinminimalism berfokus menampilkan kulit yang sehat dan berkilau alami.

Apakah skinminimalism itu buruk?

Beberapa tahun terakhir, ada tren kecantikan dalam dunia skincare di mana seseorang menggunakan 7 rangkaian skincare. Bahkan, ada juga yang menggunakan 10 steps skincare. Tentunya boleh saja jika menggunakan berbagai produk skincare di kulit, karena dapat memberikan perawatan secara maksimal. Akan tetapi, terlalu banyak menggunakan produk skincare justru dapat membuat kulit wajah menjadi rusak.

Apalagi kalau kita sembarangan menggunakan berbagai produk namun tidak memperhatikan kandungannya. Pasalnya di dalam dunia skincare, ada aturan saat mencampur dua skincare yang berbeda. Ada bahan yang bisa dicampur dan ada yang sebaiknya tidak dicampur. Sebagai contoh: Retinol tidak boleh dipakai bersamaan dengan AHA/BHA karena memiliki resiko membuat kulit jadi kemerahan, mengelupas, sampai iritasi. Lalu Vitamin C dan benzoil peroksida tidak boleh dipakai bersamaan karena benzoil peroksida beresiko mengoksidasi vitamin C dan membuat efektivitas kedua zat bekerja tidak maksimal.

Apa dampak baik skin minimalism?

Skinminimalism bertujuan agar kita fokus merawat permasalahan kulit utama, seperti jerawat, kulit kusam, tanda penuaan, kulit terkelupas, dan lain sebagainya. Tren ini membantu kita mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, dengan meminimalisir penggunaan produk yang terlalu banyak, kita bisa back to the basic. Kenapa basic skincare sangat penting? Karena melalui basic skincare, kita secara tidak langsung membentuk fondasi skincare untuk kulit wajah. Setelah memperkuat fondasi skincare, barulah kita bisa menambahkan produk yang sesuai dengan masalah kulit saat itu. Misalnya serum, ampoule, night cream, booster, face oil, masker, eye cream, dan produk skincare lainnya.

Pilihan basic skincare untuk kamu

Bhumi punya rekomendasi produk-produk untuk memperkuat fondasi basic skincare kamu.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen juga ya!

Jadi, sekarang udah tau kan kalau skininimalism berarti kita menggunakan produk seperlunya saja. Oh ya, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh kulit kita saja, melainkan juga bumi, karena kita secara tidak langsung mengurangi sampah produk skincare. Yuk mulai fokus pada kesehatan dan masalah utama kulit Jangan lupa untuk share informasi ini ke temen-temen dan keluarga kamu, ya!

Leave a Comment

Artikel Terkait