Menu

Tak Hanya Pikiran Ternyata Kulit Juga Bisa Stres ! Ini dia Tanda Kulit Stres dan Cara Mengatasinya

Di masa pandemi yang masih terus berlangsung hampir selama dua tahun ini, berbagai dampak buruk terjadi mempengaruhi pikiran serta tekanan yang dapat menimbulkan stres.

Selain pikiran, ternyata stres juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Ada banyak faktor yang dapat membuat kulit menjadi lelah dan stres diantaranya kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi, dan juga radikal bebas

Namun sebelum kondisi kulit menjadi semakin parah, yuk sama-sama simak tanda yang muncul saat kulit mengalami stres agar dapat diwaspadai dan dapat diatasi

1. Kulit jadi mudah kering

Kulit menjadi mudah kering karena hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh yang terjadi saat otak mengalami tekanan sehingga kulit menjadi kehilangan kemampuan untuk menjaga kelembapan alaminya. Kulit yang kering  dapat merusak kolagen dan elastin serta menghambat regenerasi sel kulit sehingga bisa menjadi awal munculnya masalah baru, seperti garis-garis halus dan juga keriput.

2. Sering timbulnya jerawat

Hormon kortisol akan diproduksi oleh tubuh ketika sedang mengalami stres. Kelebihan hormon kortisol dapat mengganggu keseimbangan hormon lain dalam tubuh. Salah satunya adalah dapat menyebabkan kelenjar sebasea menghasilkan lebih banyak minyak terutama pada area kulit wajah yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang memicu timbulnya jerawat.

3. Kulit terlihat kusam

Kulit kusam juga menjadi salah satu respon kulit pada stres yang berat. Apabila stres tersebut melanda anda maka akan terjadi penumpukan lapisan sel kulit mati jika tidak rajin dibersihkan atau tidak melakukan exfoliasi maka dapat berpengaruh terhadap melambatnya proses pembuatan sel kulit yang baru.

4. Kulit jadi mudah kemerahan dan gatal

Peningkatan kadar kortisol dalam tubuh juga dapat memicu reaksi alergi kulit seperti gatal-gatal karena di saat stress tubuh akan bereaksi membuat perubahan kulit pada sel sel kekebalan tubuh dan dapat mendorongnya untuk mengeluarkan histamine ke kulit yang menjadi  penyebab kulit wajah dan tubuh menjadi gatal-gatal.

Menghindari dari stres memang bukan hal yang mudah tapi jika terus di diamkan secara  berkelanjutan pastinya akan membawa dampak negatif yang lebih tidak baik lagi. Jadi selain sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh di saat stress penting juga untuk dapat menjaga kesehatan kulit karena keadaan kulit yang terdampak dari stress juga akan membuat kulit tidak ‘siap’ saat melakukan skincare routine sehingga penggunaan skincare pun jadi tidak maksimal.

Bantu jaga kesehatan kulit dari luar dengan Skin Ready Hydrating Booster yang sudah diformulasikan khusus untuk mempersiapkan kulit menuju tahap penggunaan skincare routine lainnya agar dapat lebih maksimal. Mengandung mengandung 2% Neurophroline yang dapat meredam cortisol level dan membantu meningkatkan produksi beta endorphin sebagai perlindungan anti-stress pada kulit

Selain itu terdapat kandungan 5% Roman Chamomile Water juga yang dapat menenangkan kulit yang sedang terinflamasi, memberikan kelembaban dan hidrasi lebih pada kulit serta wanginya  yang dapat memberikan sensasi aromaterapi yang gak cuma menenangkan kulit tapi juga pikiranmu.

Leave a Comment

Artikel Terkait