Menu

Wajib tahu! Ini Produk dan Kandungan Skincare yang Aman Digunakan oleh Ibu Hamil

Saat hamil, biasanya kita dianjurkan untuk lebih berhati-hati terhadap apa yang dikonsumsi, seperti makanan, camilan, atau minuman. Hal ini tentunya berlaku juga untuk skincare. Sebaiknya, ibu hamil memperhatikan kandungan di dalam produk skincare agar tetap aman dan tidak membahayakan janin. Berapa zat kimia dapat terserap ke dalam tubuh dan ikut mengalir ke bayi melalui plasenta. Selain itu, zat-zat kimia tertentu berpotensi terserap ke dalam ASI dan bisa tertelan oleh bayi saat menyusui. 

Berikut adalah kandungan skincare yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

Hydroquinone

Kandungan ini merupakan zat aktif seringkali digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah warna kulit tidak merata (hiperpigmentasi). Hydroquinone memiliki tingkat penyerapan ke kulit yang cukup tinggi, yaitu sampai sampai 35-45%. Hal ini dapat mengancam gangguan kesehatan janin, bahkan memololo potensi memicu keguguran. Oleh karenanya, kandungan ini cukup berisiko bila digunakan oleh ibu hamil.

Retinol

Biasanya, retinol ditemukan di produk skincare anti-aging atau masalah kulit berjerawat. Meskipun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah, tetapi retinol merpakan salah satu kandungan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Bahan aktif ini dapat terserap ke dalam aliran darah sampai menembus plasenta dan meningkatkan risiko masalah neurokognitif atau gangguan fungsi mental pada bayi sampai 60%.

Paraben

Ibu hamil disarankan menghindari penggunaan paraben karena kandungan ini dapat mengendap di dalam tubuh dan dapat terserap ke dalam plasenta dan berdampak pada janin, seperti menghambat pertumbuhan saraf bayi. Selain itu, paraben dapat mengakibatkan keguguran.
Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada juga kandungan skincare yang tetap aman meski digunakan oleh ibu hamil. Berikut 4 rekomendasi skincare yang aman digunakan oleh ibu hamil!

Deep Hydration Exfoliating Toner 

Toner eksfoliasi ringan dari Bhumi ini tidak hanya membantu mengangkat sel kulit mati, tetapi di saat bersamaan juga mampu memberikan hidrasi secara maksimal, mencerahkan kulit untuk tampilan kulit wajah yang lebih cerah, dan menjadikan kulit bersih, dan segar.

G-Alpine Hydra Lock Moisturizer 

Dengan Gigawhite extract, Allantoin, dan Centella Asiatica, moisturizer ini dapat menyamarkan flek hitam, menekan pertumbuhan melanin untuk meratakan warna kuli, menjaga kelembapan wajah, mencerahkan kulit, dan memperkuat skin barrier. Teksturnya ringan sehingga tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit.

Bakuchiol Night Oil 

Karena tidak dianjurkan menggunakan retinol, kamu dapat mencoba alternatifnya yaitu Bakuchiol Night Oil. Kandungan Bakuchiol dan 35% Pomegranate mengeksfoliasi kulit secara menyeluruh dengan gentle, dan menjadikannya tampak lebih cerah, halus, dan elastis. Pomegranate juga mengandung Bioflavanoids yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil 

Dengan 9 minyak esensial dari Turmeric, Lavender, Rosehip, Clary Sage, Frankincense, Tea Tree, Patchouli, Geranium, Lemongrass, face oil ini dapat membuat wajah lebih lembap, cerah, dan ternutrisi. Selain itu, kandungan baik di dalamnya juga membantu menstimulasi produksi kolagen, menyamarkan bekas jerawat serta noda hitam, dan mencegah timbulnya jerawat.

Leave a Comment

Artikel Terkait